informasi haji

informasi haji dan umroh

Anggito Abimanyu Memberi Sanksi Kepada 16 PIHK

Informasi Haji

Jakarta, 10/12 (Sinhat) – Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Anggito Abimanyu membenarkan bahwa sebanyak 16 Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) bakal diberi sanksi, tetapi berat atau ringannya hukuman tergantung pada kesalahan masing-masing.

Hingga kini pihaknya masih meneliti jenis-jenis kesalahan yang dilakukan PIHK, kata Anggito melalui telepon dari Bali kepada pers di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, kesalahan paling banyak pada umumnya PIHK menggunakan dana jemaah haji untuk keperluan pribadi dan perusahaan. Jelas hal itu merugikan jemaah karena telat pembayarannya yang menyebabkan calon jemaah haji gagal berangkat. “Nah, sekarang kita sedang pilah-pilah derajat kesalahan mereka,” tambah Anggito.

Kalau yang menyebabkan jemaah haji berangkat ke tanah suci, itu yang paling berat hukumannya. Kemudian jika PIHK masih main-main, tetapi jemaah masih bisa berangkat, maka penyelenggara haji itu diberi hukuman ringan berupa teguran.

“Memang kita sedang memikirkan bagaimana caranya dalam memberikan setoran awal dana jemaah haji. Atau kemungkinan kita pindahkan (ke PIHK lain),” katanya.

Terkait dengan PIHK yang nakal, ia mengatakan, pasti akan diberi sanksi. “Staf kita baru pulang dari Saudi, Insya Allah segera kita eksekusi sanksinya,” ia menjelaskan.

Kemungkinan akhir tahun atau awal tahun depan sudah dilakukan. Hal ini, kata dia, sudah disampaikan ke Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia (Himpuh) bahwa Dirjen PHU akan memberikan sanksi tegas. Sanksi terberat dicabut izin operasinya sehingga ke depan tak bisa lagi mengakses pelayanan.

Umumnya, lanjut Anggito, mereka sadar melakukan itu. Tergantung mereka mau mengembalikan uang itu atau tidak. Misalnya dengan memberikan atau memberangkatkan jamaah tahun depan, itu masih bisa ditolerir. Tapi itu tetap akan diberikan sanksi sesuai kesalahannya.

Terkait dengan calon haji yang mendaftar melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), ia menyatakan, jika ada yang nakal tetap akan diberi sanksi seperti yang terjadi di beberapa kota. Di Surabaya ada KBIH nakal sudah diproses melalui pengadilan. Yang terpenting, harus diupayakan uang jemaah harus kembali utuh.

Jika uang hilang, berarti hak jemaah hilang pula, katanya.

sumber : haji.kemenag.go.id

Melempar Jumrah Aqabah | Anggito Abimanyu | Umyung Mustika

1 Response » to “Anggito Abimanyu Memberi Sanksi Kepada 16 PIHK”

  1. […] Anggito Abimanyu Memberi Sanksi Kepada 16 PIHK Biaya […]

Leave a Reply




Info Bisnis

Arminaglobal Group

Melani Darman/Deri
Telp : 021-65868593

HP : 085265209928
Menara Salemba Lt 5
Jl Salemba Raya No. 5
Jakarta Pusat 10440


Perwakilan Bogor,
Didi Wahudi
HP : 082115511566, HP2: 081219114166

Perwakilan Medan,
Tinneke Lestari G.
HP :082163595959

Data Sponsor

DERYANDRI
085265209928
Kemayoran

Member Area